Jumat, 18 Desember 2015

Review singkat perbandingan Jas Hujan tipe pakaian vs jas hujan tipe poncho atau batman

Setelah menunggu lama akhirnya musim hujan telah tiba, beberapa kebiasaan yang tidak ada di musim kemarau pun akhirnya muncul, yaitu memakai jas hujan. Para pengendara khususnya pengendara motor tentulah wajib memiliki benda ini di saat musim hujan jika tidak ingin basah kuyup dijalanan. Selain tentunya memperhatikan bagian-bagian motor yang bekerja ekstra dan membutuhkan perhatian extra saat musim hujan yaitu rem dan keadaan ban.



Kembali pada ulasan utama kita yaitu jas hujan, saat ini seperti yang kita ketahui terdapat dua jenis jas hujan yaitu tipe pakaian:
Jas hujan ini adalah jas hujan yang recommended disaat musim hujan seperti saat ini, bentuknya yang seperti pakaian sehingga fit atau pas dibadan sehingga melindungi kita secara menyeluruh dari air hujan. Berdasarkan pengalaman saya jas hujan ini juga lebih nyaman dan aman (keren) dibanding jas hujan poncho karena bentuknya yang pas sehingga angin sedikit yang menerjang kita dan juga dari segi keamanan dimana peluang jas hujan tersangkut saat di jalan menjadi minimal. Dan dari segi fashion atau tampilan jas hujan tipe ini juga lebih enak dipandang dibandingkan tipe poncho yang seolah-olah membuat kita seperti orang-orangan sawah(imho). Namun kekurangan jas hujan model ini adalah jika kita membawa barang atau tas dengan ukuran relatif besar dan tidak memiliki pembungkus tas maka akan kesulitan untuk melindungi tas kita dari hujan. Dari segi harga jas hujan tipe pakaian umumnya lebih mahal namun semua tergantung merk juga, semakin bagus kualitas dan bahan maka makin mahal biasanya sebuah jas hujan terlepas dari bentuk dan tipenya namun umumnya jika dibandingkan dengan kualitas dan bahan yang sama harga jas hujan tipe pakaian biasanya lebih mahal.

Tipe kedua adalah jas hujan poncho atau batman: 

 Mengapa jas hujan ini disebut jas hujan poncho karena bentuknya yang mirip seperti pakaian suku Indian yang bernama poncho. Pada jas hujan ini kita memakainya seperti sebuah jubah yang akan melindungi bagian tubuh kita dari leher hingga lutut. Kekurangan jas hujan ini adalah tidak mampu melindungi semua bagian tubuh dari air hujan terutama bagian tangan dan lutut ke bawah, selain itu bentuknya yang tidak pas di badan juga membuat aerodinamika saat berkendara menjadi berkurang karena angin banyak tertahan di permukaan jas sehingga tekanan saat berkendara menjadi lebih besar, selain itu dari sisi keselamatan dengan seringnya tepian jas hujan tertiup angin resiko untuk menyangkut di kendaraan lain semakin besar dan tentunya membahayakan pengguna jalan baik kita ataupun orang lain. Namun dibalik semua kekurangannya tersebut jas hujan ini memiliki satu kelebihan yaitu ketika kita membawa tas atau membonceng seseorang jas hujan tipe ini lebih bisa melindungi tas atau barang bawaan kita dan orang yang dibonceng.

Demikian review singkat ini saya buat, semoga di musim hujan ini selain berhati-hati dan meningkatkan konsentarsi saat berkendara, kebugaran tubuh juga perlu diperhatikan saat musim hujan agar terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan ketika berada dan berkendara di jalan raya. Jadi tetap waspada dan selalu berdoa kepada Tuhan, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda