Senin, 27 Agustus 2018

Cara Menurunkan Berat Badan 10 kg Dalam 4 Bulan (Based on True Story)

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita mengucapkan syukur atas karunia yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Manusia yang dikarunia akal,budi dan pikiran disamping fisik tentunya haruslah bisa secara bijak memanfaatkannya. Hal yang berhubungan dengan semua diatas adalah aspek penting dalam melakukan diet. Diet bukan sekedar menahan lapar atau melakukan aktifitas fisik, tapi diet adalah seni memadukan akal dan pikiran kita agar bersinergi dengan raga kita. Karena dari akal lah mulanya keinginan atau motivasi akan muncul, ini adalah kunci sukses dari melakukan diet. Dengan keinginan atau motivasi yang kuat maka kemungkinan besar diet akan berhasil selain tentunya melakukan aktifitas fisik dan mengurangi asupan makanan tentunya.

Setelah kita menemukan motivasi yang kuat untuk diet, kini saatnya untuk melakukannya. Bagi yang tidak terbiasa melakukan aktifitas fisik, dapat diawali dengan jalan 1-2 kali keliling lapangan atau 200-500 meter, Setelah kaki semakin kuat bisa ditingkatkan dengan joging-joging ringan diselingi jalan kaki, intinya jangan terlalu memforsir karena tubuh yang belum terbiasa perlu melakukan penyesuaian diri. Setelah aktif melakuakn aktifitas fisik, mari kita mulai mengurangi asupan makanan sedikit demi sedikit, tidak perlu langsung tidak makan seharian karena akan berbahaya. Jika tubuh sudah mulai memyesuaikan diri dengan asupan makanan yang kita kurangi sedikit demi sedikit maka perlahan-lahan kita akan merasakan tubuh mulai lebih fit.


Jika cukup konsisten melakukannya dalam satu bulan maka berat akan turun 500 gram hingga satu kilo. Pada bulan kedua level harus sedikit dinaikkan, karena badan sudah lebih ringan maka kita akan lebih nyaman melakukan aktifitas fisik dan dengan aktifitas fisik yang banyak maka otomatis rasa lapar akan berkurang sendirinya. Untuk mengimbangi asupan gizi boleh mengkonsumsi telur dan susu, buah dan sayur juga bagus dengan sedikit roti. Jika konsisten dalam sebulan maka berat bisa turun 1-2 kg dalam bulan ini, jadi total berat turun 1,5-3 kg tergantung konsistensi diet.

Dalam bulan ketiga sebaiknya kita mulai menantang diri kita sendiri untuk melakukan lebih, misalnya mengunjungi tempat yang menguras stamina untuk mencapainya seperti mendaki bukit. Selain itu aktifitas fisik bisa dilipat gandakan pada bulan ketiga ini karena fisik tentu sudah lumayan terlatih setelah melewati bulan pertama dan kedua. Pada bulan ini asupan makanan juga harus lebih dikontrol, makan makanan yang sehat dan mudah dicerna tubuh dan tentunya bergizi pula. Pada bulan ketiga ini jika disiplin berat turun 2-3 kg.

Bulan keempat, adalah bulan spartan dimana kini anda sudah cukup fit dan bisa dikatakan mulai memasuki berat badan ideal. Pada tahap ini saya sarankan untuk melakukan sesuatu yang anda anggap tidak mungkin anda bisa lakukan. Pada contoh saya misalnya saya melakukan gowes ke Celukan Bawang dengan jarak 65 km pulang pergi. Dengan melakukan kegiatan yang melampaui perkiraan fisik anda, anda akan makin termotivasi untuk melakukan lebih. Untuk gowes pada bulan keempat ini saya mulai rajin dan berhasil menurunkan 4 kg.

Berat ideal memang cukup penting untuk dimiliki, selain membuat badan sehat juga akan menumbuhkan rasa percaya diri. Demikian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda