Jumat, 16 Mei 2014

Perbedaan performa cb150r antara pertamax dan premium

Kali ini saya ingin mencoba untuk membagi pengalaman tentang perbedaan performa cb150r jika diisi pertamax atau bensin. Yang peratama adalah diisi pertamax, performa cb150r langsung terasa tarikannya mantap rpm juga cepat naiknya, mesin lebih halus dan lebih ringan. Namun karena harga pertamax sangat mahal, di bali sempat menyentuh 13 ribu per liter jadi saya sangat jarang mengendarai dengan kecepatan
tinggi maklum takut cepat habis. Karena mhalnya itu saya putuskan untuk mencampur pertamax dengan bensin, kdang 50-50 kdang 60-40, tergantung keadaan.

Setelah dicampur kendaraan seakan terkebiri performanya rpm tidak naik secepat jika diisi pertamax tarikan berkurang tapi sepertinya torsi meningkat tapi suara mesin menjadi lebih kasar dan berat. Sedangkan jika diisi bensin saja seperti awal-awal saat saya baru membeli cb150r tentu saja suara mesin kasar dan berat dan tarikan sangat berkurang. Jadi seandainya kalau bisa yaitu pertamax seharusnya diberi harga tidak lebih dari 9500 agar para pengkonsumsi atau pemilik kndaraan tidak keberatan untuk mengisi kendaraannya dengan pertamax, selain itu kalau bisa harga diseragamkan disemua daerah atau wilayah di Indonesia sehingga tidak ada lagi diskriminasi harga. Selain itu dengan makin canggihnya mesin kendaraan bermotor alangkah baiknya jika premium dihilangkan saja dan digantikan dengan bbm global yang oktan 90. Jadi pertamina tidak perlu lagi mendowngrade kan bbm ini menjadi oktan 88 alias premium. Sekian.


0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda