Rabu, 07 Oktober 2015

Manfaat berolahraga khususnya di pusat kebugaran atau fitness centre

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk sekedar membaca artikel yang saya buat ini. Artikel ini saya buat hanya untuk sekedar menyalurkan hasrat menulis saya yang sudah cukup lama tidak tersalurkan. Pada artikel kali ini saya sedikit banyak akan mengulas tentang dunia fitness, apa dan bagaimanakah dunia fitness tersebut.


Seperti yang kita ketahui, kesehatan adalah hal paling penting dalam hidup kita, tanpa tubuh yang sehat kita tidak akan bisa hidup dengan nyaman dan tentram. Khususnya di era saat ini dimana jumlah lapangan terbuka untuk sekedar bermain  bola makin sedikit bahkan langka sedangkan tubuh kita memerlukan sarana untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga. Semakin banyaknya jumlah orang yang kegemukan atau obesitas adalah juga pengaruh dari pola hidup yang tidak sehat dengan makan makanan yang berminyak seperti gorengan atau junk food.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya sebagai solusi permasalahan diatas adalah dengan mengikuti kegiatan fitness. Pada tempat fitness terdapat berbagai macam alat kebugaran yang dapat anda gunakan untuk melatih dan membentuk tubuh anda, mulai dari sepeda statis, alat lari statis dan pengecil pinggang, alat tersebut khusus bagi yang menyukai olahraga aerobik atau ringan dan biasanya digunakan sebagai alat pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah olahraga beban.

Untuk pemanasan selanjutnya ada dumbell yang beraneka beban, biasanya kita melatih otot bisep terlebih dahulu dengan jumlah atau kuantitas 3-5 set dengan jumlah repetisi atau pengulangan 8-12 kali tiap set dengan peningkatan beban secara bertahap tiap set. Setelah itu ada berbagai jenis alat yang dapat digunakan sesuai kebutuhan otot mana yang ingin anda latih. Mulai dari alat untuk melatih dada, punggung, pundak, deltoit dan paha. Sebaiknya jenis latihan divariasikan sesuai dengan jadwal latihan, misalnya senin melatih dada lalu besoknya latih punggung dan pundak dan keesokannya melatih paha.

Satu hal yang juga penting adalah jangan memaksakan atau terlalu memforsir tenaga, sebaiknya latihan dilakukan bertahap, bagi pemula sebaiknya latih dengan beban yang ringan terlebih dahulu dan meningkat bertahap sesuai dengan perkembangan kekuatan otot. Jika terlalu memaksakan maka bukan tidak mungkin akan menimbulkan cedera atau sakit. Jadi istirahat juga merupakan bagian yang penting dalam kegiatan fitness, kita harus tahu kapan tubuh harus beristirahat dan kapan harus dimaksimalkan.

Seperti kata pepatah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, latihan seperti mengangkat barbel atau lainnya adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Setiap individu memiliki caranya tersendiri untuk melakukan olahraga favoritnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi marilah mulai sekarang kita rutin berolahraga agar tubuh sehat dan kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar